Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar analisis
pemasaran Jannah Corporation namun hanya sebatas pada bauran pemasarannya saja.
Jannah Corporation
Jannah
Corporation atau yang lebih dikenal J.Corp adalah perusahaan bisnis yang
bergerak di bidang kuliner milik Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang menaungi
sejumlah artis ternama. Artis dalam naungan J.Corp mengelola produknya masing-masing dan
memberikan nama merek unik yang mewakili daerah operasionalnya. Kepopuleran
artis dan merek unik menjadi keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis
dibidangnya. Berikut adalah merek dan artis dibawah naungan J.Corp:
1. Medan Napoleon - Irwansyah
2. Surabaya Snow Cake - Zaskia Sungkar
3. Bandung Makuta - Laudya Chintya Bella
4. Gigi Eat Cake - Raffi & Nagita
5. Cirebon Sultana - Indra Bekti & Istri
6. Mamahke Jogja - Zaskia Mecca
7. Palembang Lamington - Irwansyah
8. Really Cake Khatulistiwa - Prilly
Latuconsina
9. Vidi Vini Vici - Vidi Aldiano
10. Just Cake Pekanbaru - Melly Goeslaw &
Anto Hoed
11. Semarang Thal Cake - Ruben Onsu
12. Jambi Jambe - Sarwendah
Analisis bauran pemasaran J.Corp
1. Product
Jika dilihat dari segi produknya,
produk-produk ciptaan J.Corp memiliki suatu keunggulan tersendiri yaitu
kekinian. J.Corp menjadikan kalangan anak muda sebagai target pemasarannya
sehingga produk yang diciptakan haruslah menyesuaikan dengan selera dan gaya
hidup anak muda yang kekinian. Produk yang ditawarkan J.Corp adalah kue
kikinian, yaitu kue bolu dengan lapisan pastry. Kue kekinian memiliki rasa yang
cukup sesuai dengan selera anak muda seperti matcha, red velvet, atau tiramisu.
Sehingga tak heran jika produk ini dapat populer dengan cepat.
Namun dibalik keunggulannya terdapat
kekemahan yang harus diperhatikan. Produk-produk ciptaan J.Corp relatif serupa,
perbadaan hanya pada topping kue dan urutan struktur lapiasan kue yang
diubah-ubah, seperti ada kue dengan pastry-nya diluar ada juga yang didalam.
Rasa kue kekinian juga dinilai kurang mencerminkan ciri khas daerah.
2. Price
Untuk segi harga, harga produk J.Corp cukup
bersaing dan terjangkau. Secara keseluruhan harga yang ditawarkan berkisar
antara Rp 45.000 hingga Rp 75.000 per item.
3. Place
Dari segi tempat, J.Corp menerapkan strategi
pemilihan lokasi yang sangat bagus. J.Corp memilih kota-kota besar terkenal
sebagai lokasi pemasarannya seperti Bandung, Lampung, Palembang dan lainnya.
Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan cakupan segmen pasar yang menjadi
targetnya. Karena dengan memaksimalkan cakupan pemasaran pada segmen pasar
target, J.Corp dapat memaksimalkan keuntungan yang akan didapatkannya.
4. Promotion
Dari segi promosi, J.Corp mempunyai teknik
yang efektif dalam mempromosikan produknya. Promosi yang dilakukan J.Corp sangat menitik beratkan pada
pencapaian target pasarnya, mulai dari pemilihan peran yang mempromosikan
produknya hingga media promosinya.
J.Corp menggandeng artis bukan hanya untuk
menjadi rekan bisnis, namun juga sebagai kekuatan pemasaran dengan memanfaatkan
kepopuleran artis-artis tersebut untuk mempromosikan produknya dikalangan anak
muda. Media promosi yang dipilih J.Corp adalah media sosial, media sosial
dipilih karena sekarang ini anak muda merupakan kalangan yang mendominasi di
media sosial. J.Corp tidak melakukan promosi melalui televisi yang lebih
memakan biaya dan kurang tepat sasaran.
Selain itu, J.Corp juga menggunakan nama
daerah pemasaran setiap merek sebagai daya tarik tambahannya seperti Surabaya Snow Cake, Medan Napoleon, Cirebon Sultana, dan lainnya. Hal ini menambah kesan
dari tagline "oleh-oleh kekinian".
Referensi
Http://amp.kompas.com/travel/read/2017/07/08/100400527/ini.dia.24.oleh-oleh.kekinian.milik.artis.di.berbagai.kota
Https://hype.idntimes.com/entertainment/amp/dian-septi-arthasalina-1/idnviral-ternyata-inilah-dalang-di-balik-oleh-oleh-kekinian-para-artis-c1c2
https://kusumatrisna.wordpress.com/2017/05/24/oleh-oleh-kekinian-milik-artis/
https://kusumatrisna.wordpress.com/2017/05/24/oleh-oleh-kekinian-milik-artis/
Http://www.hipwee.com/feature/spekulasi-di-balik-tren-oleh-oleh-kekinian-artis-yang-ternyata-kue-sama-pastry-semua-menarik-nih/
Sekian pembahasan saya mengenai analisis
pemasaran J.Corp. Sampai jumpa di postingan berikutnya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar