Sabtu, 02 September 2017

Analisis Perencanaan Pemasaran J.Corp

KURNIANSAH 1510111003 Perencanaan Pemasaran Lokal C


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar analisis pemasaran Jannah Corporation namun hanya sebatas pada bauran pemasarannya saja.



Jannah Corporation 


Jannah Corporation atau yang lebih dikenal J.Corp adalah perusahaan bisnis yang bergerak di bidang kuliner milik Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang menaungi sejumlah artis ternama. Artis dalam naungan J.Corp mengelola produknya masing-masing dan memberikan nama merek unik yang mewakili daerah operasionalnya. Kepopuleran artis dan merek unik menjadi keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis dibidangnya. Berikut adalah merek dan artis dibawah naungan J.Corp:
1. Medan Napoleon - Irwansyah
2. Surabaya Snow Cake - Zaskia Sungkar
3. Bandung Makuta - Laudya Chintya Bella
4. Gigi Eat Cake - Raffi & Nagita
5. Cirebon Sultana - Indra Bekti & Istri
6. Mamahke Jogja - Zaskia Mecca
7. Palembang Lamington - Irwansyah
8. Really Cake Khatulistiwa - Prilly Latuconsina
9. Vidi Vini Vici - Vidi Aldiano
10. Just Cake Pekanbaru - Melly Goeslaw & Anto Hoed
11. Semarang Thal Cake - Ruben Onsu
12. Jambi Jambe - Sarwendah




Analisis bauran pemasaran J.Corp

1. Product
Jika dilihat dari segi produknya, produk-produk ciptaan J.Corp memiliki suatu keunggulan tersendiri yaitu kekinian. J.Corp menjadikan kalangan anak muda sebagai target pemasarannya sehingga produk yang diciptakan haruslah menyesuaikan dengan selera dan gaya hidup anak muda yang kekinian. Produk yang ditawarkan J.Corp adalah kue kikinian, yaitu kue bolu dengan lapisan pastry. Kue kekinian memiliki rasa yang cukup sesuai dengan selera anak muda seperti matcha, red velvet, atau tiramisu. Sehingga tak heran jika produk ini dapat populer dengan cepat.
Namun dibalik keunggulannya terdapat kekemahan yang harus diperhatikan. Produk-produk ciptaan J.Corp relatif serupa, perbadaan hanya pada topping kue dan urutan struktur lapiasan kue yang diubah-ubah, seperti ada kue dengan pastry-nya diluar ada juga yang didalam. Rasa kue kekinian juga dinilai kurang mencerminkan ciri khas daerah.

2. Price
Untuk segi harga, harga produk J.Corp cukup bersaing dan terjangkau. Secara keseluruhan harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 45.000 hingga Rp 75.000 per item.

3. Place
Dari segi tempat, J.Corp menerapkan strategi pemilihan lokasi yang sangat bagus. J.Corp memilih kota-kota besar terkenal sebagai lokasi pemasarannya seperti Bandung, Lampung, Palembang dan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan cakupan segmen pasar yang menjadi targetnya. Karena dengan memaksimalkan cakupan pemasaran pada segmen pasar target, J.Corp dapat memaksimalkan keuntungan yang akan didapatkannya.

4. Promotion
Dari segi promosi, J.Corp mempunyai teknik yang efektif dalam mempromosikan produknya. Promosi yang dilakukan J.Corp sangat menitik beratkan pada pencapaian target pasarnya, mulai dari pemilihan peran yang mempromosikan produknya hingga media promosinya.
J.Corp menggandeng artis bukan hanya untuk menjadi rekan bisnis, namun juga sebagai kekuatan pemasaran dengan memanfaatkan kepopuleran artis-artis tersebut untuk mempromosikan produknya dikalangan anak muda. Media promosi yang dipilih J.Corp adalah media sosial, media sosial dipilih karena sekarang ini anak muda merupakan kalangan yang mendominasi di media sosial. J.Corp tidak melakukan promosi melalui televisi yang lebih memakan biaya dan kurang tepat sasaran.
Selain itu, J.Corp juga menggunakan nama daerah pemasaran setiap merek sebagai daya tarik tambahannya seperti Surabaya Snow Cake, Medan Napoleon, Cirebon Sultana, dan lainnya. Hal ini menambah kesan dari tagline "oleh-oleh kekinian".



Referensi

Http://amp.kompas.com/travel/read/2017/07/08/100400527/ini.dia.24.oleh-oleh.kekinian.milik.artis.di.berbagai.kota

Https://hype.idntimes.com/entertainment/amp/dian-septi-arthasalina-1/idnviral-ternyata-inilah-dalang-di-balik-oleh-oleh-kekinian-para-artis-c1c2

https://kusumatrisna.wordpress.com/2017/05/24/oleh-oleh-kekinian-milik-artis/

Http://www.hipwee.com/feature/spekulasi-di-balik-tren-oleh-oleh-kekinian-artis-yang-ternyata-kue-sama-pastry-semua-menarik-nih/



Sekian pembahasan saya mengenai analisis pemasaran J.Corp. Sampai jumpa di postingan berikutnya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar